Selasa, 09 Desember 2008

MENGENAL BEGONIA

I. MENGENAL BEGONIA


Begonia adalah salah satu kelompok tanaman hias yang memiliki jenis yang sangat beraneka ragam. Tanaman hias ini sebenarnya sudah banyak dipelihara di Indonesia, namun belum mendapatkan perhatian yang serius dikalangan masyarakat, sehingga masih jarang yang membudidayakan secara komersial. Walaupun sudah ada beberapa penjual menyediakan tanaman ini namun belum menjadi prioritas penjualannya. Begonia memiliki bermacam-macam jenis, banyak yang dibudidayakan atas dasar keindahan bunganya dan yang lain karena keindahahan helaian daunnya. Bagi para kolektor tanaman hias ini memiliki keunikan tersendiri dari warna daun, bentuk dan tekstrurnya serta bunganya yang beraneka ragam warnannya .

Begonia pertama kali diperkenalkan di Inggris pada tahun 1777 yaitu Begonia nitida, di sana begonia berkembang pesat ada ribuan jenis yang sekarang dibudidayakan memperlihatkan warna-warna indah pada bunga dan daunya. Penyebaran geografi begonia sangat terlokalisir, mereka asli dari Mexico,Amerika Tengah dan Selatan, Asia dan Afrika Selatan. (Bailey L.H 1963.)

Keanekaragaman tanaman begonia dapat dikelompokan dalam group-group tersendiri didasarkan pada sifat-sifat fisiknya yang sama atau memiliki kekerabatan yang paling dekat. Pengelompokan tanaman begonia secara deskriptif dapak dikelompokan dalam dua kelompok besar yaitu Begonia rex dan Begonia bunga.Tanaman begonia yang dikelompokan dalam kelompok Begonia rex adalah begonia yang dibudidayakan atas dasar keindahan daunnya dan lebih dikenal dengan begonia eksotik, sedangkan kelompok begonia bunga dikelompokkan atas dasar keindahan bungannya.

Di sini akan disampaikan secara khusus untuk jenis Begonia rex saja terutama kelompok Begonia rex. Hal ini didasarkan pada potensi untuk dibudidayakan secara komersial sebagai pilihan budidaya tanaman hias yang menguntungkan
II. Begonia rex
Begonia rex adalah jenis begonia yang memiliki variasi bentuk dan warna daun yang sangat beraneka ragam dan menarik. Kelompok begonia ini kebanyakan didominasi oleh jenis Begonia rex `dan lainya adalah kelompok Begonia rhizomatous.
Begonia rex merupakan jenis Begonia rex yang cukup dikenal di dunia, dalam bahasa latin maksud dari Rex adalah raja, dapat diartikan bahwa Begonia rex merupakan rajanya begonia Hal ini dikarenakan memiliki variasi bentuk dan warna daun yang sangat menarik. Jenis ini juga berbunga namun keindahan bunganya tertutup oleh warna atau bentuk daun yang lebih menarik

1. Klasifikasi
Begonia merupakan genus tanaman dari famili Begoniaceae yang berupa herba. Tanaman dikelompokkan menurut system perakaran (serabut, rimpang/rizome dan umbi) dan dibagi lagi berdasarkan ciri batang dan daun (ukuran, tekstur dan bentuk) . Tanaman hias ini dapat diklasifikasikan sebagai berikut :
Kingdom : Plantae
Phylum : Tracheophyta
Kelas : Magnoliopsida
Ordo : Begoniales
Famili : Begoniaceae
Genus : Begonia

2. Morfologi Tanaman
Tanaman Begonia rex secara morfologi terdiri dari :
a. Akar
Akar adalah sebagai alat absorbsi air dan hara, pengukuh tegaknya tanaman dan dapat sebagai tempat simpanan cadangan makanan. Begonia rex memiliki akar serabut yang keluar dari batang (rizoma)
b. Batang
Batang Begonia rex disebut sebagai rizoma/rimpang yang merupakan batang sukulen yang menjalar didalam tanah atau sebagaian diatas permukaan tanah dan dapat menghasilkan tanaman baru dari ruas-ruasnya dengan tumbuh tunas dan akar sehingga terbentuk tanaman baru.
c. Daun
Daun merupakan salah satu organ tanaman yang tumbuh dari batang dan merupakan organ terpenting dalam melangsungkan kehidupannya. Daun sebagai alat fotosintesis tanaman dengan memanfaatkan cahaya matahari. Bentuk daun begonia sangat beragam biasanya bentuk helaian dan jarang yang simetris. Bentuk daun ada yang menyerupai bentuk hati, oval dan bintang. Teksturnya ada yang halus, mengkilap, keriting maupun bergelombang.Warna dan corak daunnya sangat beragam . Warna daun dikendalikan oleh gen dan kromosom tanaman dan yang langsung dapat kita kenali adalah kandungan pigmennya. Jika daunya mengandung karoten maka akan berwarna jingga, xantofil kuning, antosianin biasanya berwarna merah, biru atau unggu. Warna daun juga dipengaruhi oleh tingkat kemasaman. Kombinasi warna daunya sangat menarik dan beragam.
d. Bunga
Fungsi bunga secara umum adalah sebagai alat untuk penyerbukan dan pembuahan. Tanaman ini juga mampu menghasilkan biji walaupun biasanya antara benang sari dan ovum tidak matang secara bersama dan bunganya mudah rontok sehingga jarang menghasilkan biji.

3. Syarat Hidup Tanaman
Agar tanaman Begonia rex dapat tumbuh dengan baik maka perlu juga diketahui peryaratan hidup yang sesuai bagi tanaman, jika ditanam pada lahan dengan kesuburan dan iklim yang sesuai akan memiliki pertumbuhan yang normal dan akan tampil prima. Unsur-unsur yang dibutuhkan dari lingkungannya antara lain, cahaya, suhu, air dan unsur hara. Kebutuhan untuk masing-masing unsur tersebut berbeda kebutuhannya tergantung pada umur, masa pertumbuhan dan musim. Unsur-unsur tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut :
a Cahaya
Intensitas cahaya yang diperlukan berkisar antara 2000 – 2500 fc. Begonia rex membutuhkan cahaya terang namun tidak boleh lansung kena sinar matahari karena daun bisa terbakar dan akan muncul black nekrosis. Tanaman ini akan toleran pada tingkat cahaya rendah. Sehingga untuk tumbuh dengan baik perlu diberi naungan. Untuk mendapatkan kualitas cahaya dan panas yang baik gunakan kombinasi antara shading net dan plastic ultra violet sebagai penaungnya. Tanaman memanfaatkan energi cahaya untuk membentuk karbohidrat, suatu senyawa yang kaya akan energi dan unsur organik, proses pembentukannya disebut sebagai proses fotosintesis yang melibatkan zat hijau daun (klorofil)
b Suhu
Begonia rex akan tumbuh dengan baik pada kisaran suhu antara 15 – 30 °C. Suhu berhubungan erat dengan cahaya matahari dan ketinggian tempat. Jika suhu terlalu rendah bisa menghambat pertumbuhan tanaman dan jika terlalu tinggi juga akan mengakibatkan tanaman mengalami dehidrasi. Suhu idealnya jika memungkinkan kondisi hangat akan mempercepat pertumbuhan. Suhu dibawah 20°C tanaman akan tumbuh dengan baik namun warna daun yang dihasilkan akan cenderung dominan hijau jadi warna-warna selain hijau yang dimiliki akan kurang nampak ,karena pada suhu ini tanaman lebih produktif menghasilkan klorofil. Suhu antara 15 – 20 °C dianjurkan saat fase pertumbuhan awal. Namun setelah tanaman dewasa dan siap untuk dipasarkan atau digunakan sebagai pajangan kondisikan suhu lingkungan berada pada ±25 °C. Kondisi suhu yang tinggi juga akan merusak warna daun, biasanya warnanya akan memucat bahkan pudar.

c. Kebutuhan air
Setiap tanaman membutuhkan air namun harus di atur dengan baik dalam pemberiannya. Air merupakan pelarut dan pengangkut unsur hara keseluruh bagian tanaman juga sebagai control terhadap suhu tubuh tanaman itu sendiri. Begonia rex sangat rentan jika kondisi media berlebih air karena akar dan rizoma didalam tanah akan mudah busuk. Pemberian air sangat dianjurkan dengan system tetes, atau dapat pula dengan cara merendam dasar pot dalam air ditempat yang dangkal, setelah air mencapai permukaan tanah baru diangkat dan ditempatkan pada rak-rak agar air yang berlebih dapat dibuang kembali. Kelembaban udara (rH) yang cocok untuk pertumbuhan Begonia rex adalah diatas 50 % namun diusahakan jangan terlalu tinggi karena akan menyebabkan munculnya penyakit busuk tunas maupun busuk daun.
d. Unsur Hara
Begonia rex untuk melangsungkan kehidupannya membutuhkan unsur hara yang dapat diambil dari udara, air maupun tanah. Unsur yang relative banyak dibutuhkan disebut unsur makro yang meliputi unsure N, P, K, Ca, Mg, dan Sulfur. Sedangkan unsur lain yang dibutuhkan dalam jumlah sedikit yang meliputi unsur Fe, Mn, Cu, Zn, Bo dan Mo yang disebut unsur mikro.
Kekurangan atau kelebihan salah satu unsur akan menimbulkan ketidaknormalan pertumbuhan tanaman, yang ditunjukkan dengan gejala-gejala yang nampak pada daun dan tunas-tunas baru Begonia rex .

.

3 komentar:

Kisah Foto mengatakan...

Wah aya malah belum pernah liat yang namanya daun begonia gan :D

Unknown mengatakan...

Gk kelihatan jancok!!!

Unknown mengatakan...

Biasa aja dong!